Doktor Ilmu Lingkungan Kunjungi Danau Rawa Pening, Salah Satu Danau Prioritas Nasional

Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana melaksanakan kunjungan lapangan ke Danau Rawa Pening, Semarang, pada 3 Maret 2024. Kegiatan ini didampingi oleh Prof. Dr. Eko Haryono, M.Si., Dr. Margaretha Widyastuti, M.T., Dr. Sudaryatno, M.Si., dan Dr. Rika Harini, S.Si., MP. serta diikuti oleh mahasiswa dengan sangat antusias.

(Dokumentasi Kunjungan Lapangan ke Rawa Pening)

Pemilihan Danau Rawa Pening sebagai lokasi kunjungan bukan tanpa sebab. Danau Rawa Pening merupakan salah satu dari 15 Danau Prioritas Nasional Indonesia. Danau Rawa Pening memiliki luas sebesar 2.670 hektar. Danau Rawa Pening memiliki peran sebagai pendukung penghidupan masyarakat dan pariwisata. Sayangnya, Danau Rawa Pening mengalami masalah lingkungan yang cukup kompleks. Masalah utama Danau Rawa Pening adalah Eutrofikasi. Permasalahan ini terjadi karena tingginya kandungan nutrient dalam air danau akibat perikanan dan pertanian. Kondisi tersebut menyebabkan tanaman enceng gondok menjadi tumbuh dengan subur pada Danau Rawa Pening. Rehabilitasi Danau Rawapening telah dan terus dilaksanakan oleh kerjasama berbagai stakeholder tingkat daerah hingga nasional.

Kegiatan lapangan ini dilaksanakan juga untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals / SDGs) pada Pilar 6 yaitu Clean Water and Sanitation dengan mewujudkan restorasi dan proteksi lingkungan. Selama kunjungan, mahasiswa mendapatkan berbagai wawasan baru terkait jasa ekosistem danau dan ancaman kerusakan danau yang disampaikan oleh pendamping. Beberapa mahasiswa yang pernah atau sedang melaksanakan penelitian di Danau Rawa Pening juga terlibat dalam menyampaikan temuannya. Keseruan dan animo sangat terasa selama diskusi berlangsung.

Penulis: Izza A, Ulyn

 

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*