Pendaftaran Mahasiswa Baru

Pendaftaran calon mahasiswa Program Studi S2 Ilmu Lingkungan dilakukan satu pintu melalui web https://um.ugm.ac.id/

Persyaratan dan Ketentuan

Persyaratan pendaftaran calon mahasiswa S2 Program Studi Ilmu Lingkungan adalah sebagai berikut:

  1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
  2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:
    • ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
    • ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
    • ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
  3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat inidan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
    • Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
    • Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.
  4. Sertifikat hasil tes potensi yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:
    1. PAPs UGM (skor minimal 450)
    2. TPDA PLTI (skor minimal 450)
    3. Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS (skor minimal 450)
  5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:
    • AcEPT UGM (skor minimal 149)
    • TOEP PLTI (skor minimal 400)
    • International English Testing System (IELTS) (skor minimal 4.0)
    • Internet-Based (iBT) TOEFL  (skor minimal 30)
    • Institutional Testing Program (ITP) TOEFL (skor minimal 400)

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik di sini.
Khusus Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris TOEP PLTI ada perubahan sistem skoring, info detail klikdi sini.

  1. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
  2. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  3. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
  4. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerja sama);
  5. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

Biaya Pendidikan

 

No.

Jalur Pendidikan

Biaya/ Semester

1.

 Reguler

 11.000.000

2.

 Kerjasama dan Beasiswa

 20.000.000

3.

 Internasional/ Kerjasama KNB

 9.000.000

4.

 Internasional/ Asing

 39.000.000

Informasi beasiswa: http://www.pasca.ugm.ac.id/v3.0/scholarship/id/