Doktor Ilmu Lingkungan Adakan Pendampingan Pembuatan Pengomposan dan NPK Cair Organik sebagai Tindak Lanjut PkM Sekolah Pascasarjana

14 Oktober 2023, Doktor Ilmu Lingkungan adakan Pendampingan Pembuatan Pengomposan dan NPK Cair Organik di Padukuhan Dukuh, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman. Kegiatan ini merupakan Tindak Lanjut PkM Sekolah Pascasarjana yang sebelumnya telah dibuka pada 10 September 2023. Kegiatan ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa S2/S3 Ilmu Lingkungan, Kelompok Tani Ngudi Makmur Dukuh Sinduharjo, dan masyarakat sekitar.

 

Mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat Sub Urban Dalam Usaha Pengelolaan Sampah di Kabupaten Sleman, kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagaimana cara pembuatan Pengomposan dan NPK Cair Organik. Pembicara pendampingan ini berasal dari pihak eksternal yaitu berkolaborasi dengan Driessen Tech dan Tani Rukun Berdikari Ayodhyakarta. Cahya Talitakum Driessen, ST dari Driessen Tech dan David Karlado dari Tani Rukun Berdikari Ayodhyakarta secara tim memberikan paparan mengenai bagaimana teori pembuatan pupuk yang baik dan benar. Selain paparan, kegiatan dilanjutkan dengan memberikan contoh praktik pembuatan pupuk yang mana kemudian peserta dipersilakan mencoba sendiri. Selanjutnya peserta diharapkan dapat mengaplikasikan pembuatan pupuk kompos dan NPK Cair Organik sebagai wujud olahan sampah dalam rangka pelestarian lingkungan hidup.

 

Penulis: Ulyn

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*