Doktor Ilmu Lingkungan Dampingi Masyarakat Dukuh Kunjungi Omah Maggot Jogja

 

PkM S3 Ilmu Lingkungan dibuka pada Minggu, 10 September 2023 dengan Workshop Pengelolaan Sampah. Sesuai dengan roadmap PkM, Doktor Ilmu Lingkungan laksanakan pendampingan Masyarakat Padukuhan Dukuh, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman dalam program pengelolaan sampah. Pendampingan pertama dilaksanakan dengan kunjungan ke Omah Maggot Jogja di Desa Melikan, Piyungan, Bantul pada Minggu, 17 September 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari perangkat desa, kelompok pengelola sampah “Migunani” dan masyarakat Dukuh lainnya. Program Studi S3 Ilmu Lingkungan diwakili oleh 5 mahasiswa mendampingi kegiatan kunjungan ini. Kunjungan ditujukan untuk menambah ilmu, wawasan dan gambaran kepada masyarakat Dukuh tentang pengelolaan limbah organik dengan menggunakan Maggot.

Edukasi dan sosialisasi yang didapatkan masyarakat dari Workshop Pengelolaan Sampah sebelumnya, kemudian disimulasikan dengan melihat bagaimana pengelolaan sampah di Omah Maggot Jogja. Masyarakat selain melihat juga melaksanakan praktik langsung pemilahan sampah dan pemeliharaan maggot. Dengan adanya kunjungan ini diharapkan masyarakat Dukuh dapat mengaplikasikan pengelolaan sampah secara baik yang nantinya akan menghasilkan manfaat ekonomi dalam bentuk maggot.

Penulis: Ulyn

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*