Workshop Pengelolaan Sampah: Pembukaan PkM S3 Ilmu Lingkungan Tahun 2023

   

Program Studi S3 Ilmu Lingkungan UGM laksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Padukuhan Dukuh, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Mahasiswa dan dosen Program Studi S3 Ilmu Lingkungan, Bagian Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Pascasarjana, Organisasi Pemuda Anom Sari dan Kelompok Lingkungan dan Kelompok Swadaya Pengelola Sampah Migunani. PkM ini mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat Sub Urban Dalam Usaha Pengelolaan Sampah di Kabupaten Sleman. PkM S3 Ilmu Lingkungan dibuka dengan Workshop dan Pendampingan Pengelolaan Sampah pada Minggu 10 September 2023. Dilaksanakan secara blended, kegiatan dihadiri 60 peserta luring yang terdiri dari mahasiswa, dosen, kelompok pengolahan sampah dan masyarakat setempat serta ada 30 peserta daring yang terdiri dari akademisi dan praktisi dari berbagai instansi.

Narasumber workshop ini adalah Dr. Sudaryatno, M.Si. dengan materi “Teknologi Pengelolaan Sampah Domestik/Rumah Tangga” dan Ir. Agus Prasetya, M.Eng.Sc., Ph.D. dengan materi “Pengolahan Sampah Organik dengan BSF Maggot dan Komposter BSF (B-KOM)”. Dua materi tersebut mendapat tanggapan yang sangat baik dari peserta.

   

Dalam kesempatan ini, Dian Hudawan Santoso, M.Sc selaku ketua panitia PkM SPs Prodi S3 Ilmu Lingkungan UGM menyampaikan bahwa kegiatan PkM ini akan dilangsungkan dalam kurun waktu 4 bulan dengan timeline edukasi dan sosialisasi melalui Workshop Pengelolaan Sampah, dilanjutkan pendampingan dan inovasi program lanjutan sampai Bulan Desember. Selain itu, disampaikan pula bahwa PkM diharapkan dapat dilanjutkan ke tahun-tahun berikutnya. Program Studi S3 Ilmu Lingkungan berharap dengan adanya PkM ini dapat memberikan manfaat nyata bagi Masyarakat dalam hal pengelolaan sampah dan manfaat ekonominya.

 

Penulis: Ulyn

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*