Ulas Karya Lulusan Doktor Ilmu Lingkungan: Perubahan Pola Pemanfaatan Mamar di Timor Barat

Tanggal 2 Februari 2023 diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional, dalam edisi ini spesial kami rilis ulas karya lulusan Doktor Ilmu Lingkungan. Alfred Umbu Kuala Ngaji, mengakhiri studi Doktornya dengan menjadi pembicara di Seminar Disertasi Unggulan Sekolah Pascasarjana tanggal 23-24 Agustus 2023. Tidak selesai disitu, 7 Februari 2023, Alfred Umbu Kuala Ngaji bersama Prof. Dr. Muhammad Baiquni, M.A., Prof. Dr. Eko Haryono, M.Si., dan Dr. Hatma Suryatmojo, M.Si. merilis Buku berjudul Perubahan Pola Pemanfaatan Mamar Di Timor Barat.

Buku Perubahan Pola Pemanfaatan Mamar Di Timor Barat memuat gambaran dalam perspektif lingkungan yang memiliki ciri tinjauan dari tiga unsur, yaitu abiotik, biotik, dan culture. Potret sosial budaya digunakan sebagai fokus yang didukung dengan kajian kondisi biofisik lahan. Dalam substansinya, buku ini membahas agroforestri mamar di Timor Barat dan tantangan pengembangannya, konsep penghidupan dan perubahan perilaku pada masyarakat mamar, aset penghidupan masyarakat dan kondisi biofisik lahan mamar, pola pemanfaatan mamar, perubahan pola pemanfaatan mamar, jasa ekosistem dan dampak perubahan pola pemanfaatan lahan terhadap jasa ekosistem, dan skema pengelolaan mamar berkelanjutan.

Dengan rilisinya buku ini diharapkan dapat memberikan referensi tambahan bagi keilmuan lingkungan dan dapat berguna bagi khalayak umum kedepannya.

Penulis:: Ulyn, Cindy, Utia

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*