Doktor Ilmu Lingkungan telah Laksanakan 2 Pengabdian Masyarakat selama Semester Gasal

Semester Gasal T.A. 2022/2023 adalah semester penuh pengabdian bagi Prodi Doktor Ilmu Lingkungan. Tercatat telah terlaksana Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di dua tempat pada Bulan November dan Desember 2022.

 PKM pertama dilaksanakan di Padukuhan Banyumanik, Kalurahan Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, dengan mengusung tema “Eksekusi Tahapan Penataan Lingkungan dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Menuju Banyumanik sebagai Desa Wisata Pedesaan Berbasis Masyarakat”. Kegiatan terlaksana pada 23 November 2022 dengan mengadakan Ngobrol Bareng Santai (NGOBRaS) tentang peternakan dan edukasi tentang Banyumanik Research Center (BRC). Kegiatan dihadiri oleh 20 warga Banyumanik dan dibersamai oleh Ir. Panjono S.Pt., M.P., Ph.D.IPM., ASEAN Eng. Dosen Fakultas Peternakan UGM. Selain edukasi, dalam kegiatan ini dilaksanakan pembagian dan penanaman bibit alpukat alligator dan klengkeng super itoh.

PKM kedua dilaksanakan Jumat, tanggal 30 Desember 2022. Mengambil tempat di kawasan Sekitar Kali Boyong, Padukuhan Pogung Lor, Kalurahan Sinduadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, PKM ini mengusung tema “Revitalisasi Sarana Pendukung Pelestarian Lingkungan”. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pembuatan peta padukuhan serta pamasangan papan himbauan “Dilarang Membuang Sampah” sebanyak 3 buah di bantaran Kali Boyong.

Penulis: Ulyn

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*